Kunjungan di Parimo, Kemenko Marves Bahas Upaya Percepatan Ekspor Durian ke Tiongkok

  • Bagikan
Kemenko Marves dan Badan Karantina Indonesia berkunjung ke Parimo Bahas Upaya Percepatan Ekspor Durian ke Tiongkok. (Foto : Humas Pemda Parimo)

LOCUSNEWS, PARIMO – Asisten II Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Moh Yasir menerima kunjungan dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman dan Investasi (Marves) Republik Indonesia bersama Badan Karantina Indonesia, terkait upaya percepatan ekspor Durian ke Tiongkok, Selasa (20/4/2024).

Di Kabupaten Parimo, tim mengunjungi sejumlah tempat pelaku usaha pengekspor Durian yakni  PT. Feng Zhi Xiang di Desa Pelawa dan PT. Amar Montong Desa Tindaki untuk melakukan pemeriksaan kelayakan pemenuhan protokol kesehatan buah durian.

Asisten II Kabupaten Parimo, Moh Yasir memaparkan, kunjungan itu bertujuan untuk melakukan persiapan pemenuhan protokol kesehatan buah durian agar ekspor komoditas buah durian ke Negeri Tiongkok, bisa terlaksana.

“Agar ekspor komoditas Durian bisa terlaksana, protokol kesehatan buah durian harus dipenuhi terlebih dahulu,” ujar Yasil di Parigi.

Ia menjelaskan, saat itu sudah ada sekitar 10 Packing House (PH) di Kabupaten Parimo. Selaku Pemerintah Daerah tentu sangat mendukung mereka dengan berbagai upaya agar dapat memenuhi standar ekspor ke Tiongkok.

“Yang selama ini memang kita sudah lakukan ekspor melalui Thailand, karena memang belum bisa menembus ekspor ke Cina dikarenakan ada protokol yang belum disepakati, makanya sekarang semua durian yang kita ekpor melalui Thailand,” jelasnya.

Bagikan Berita :
Penulis: Abd. GafurEditor: Bambang
  • Bagikan
Exit mobile version