Antisipasi Gelombang 3 Covid, Menkes Beli Molnupiravir 1 Juta Tablet

  • Bagikan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

LOCUSNEWS,JAKARTA – Pemerintah membeli obat Covid-19 Molnupiravir sebanyak 600-1 juta tablet untuk mengantisipasi gelombang ketiga yang diprediksi terjadi akhir tahun ini.

Hal tersebut diutarakan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam Raker DPR RI, Senin, 8 November 2021, dilansir dari CNN Indonesia.

Kata Budi, harga Molnupiravir tergolong murah karena membutuhkan kurang dari Rp1 juta untuk pengobatan satu pasien Covid-19 hingga sembuh.

” Hitungan kami ini $40-50 dolar AS, jadi enggak terlalu mahal. Kemarin saya ke Amerika sudah deal dengan Merck, rencananya kita akan beli dulu sementara 600-1 juta tablet bulan Desember, jadi mempersiapkan diri dulu, kalau terjadi lonjakan setidaknya obatnya sudah ada,” terang Budi.

Budi menjelaskan, berdasarkan uji klinik Molnupiravir oleh Merck, pasien Covid-19 membutuhkan 8 tablet obat Molnupiravir setiap harinya yang dikonsumsi hingga 5 hari.

Artinya seorang pasien Covid-19 bisa membutuhkan kurang lebih 40 tablet Molnupiravir yang dikonsumsi selama 5 hari dengan harga sekitar Rp713 ribu.

” Molnupiravir itu diberikan pada pasien yang saturasi oksigennya di atas 95. Kalau dia [pasien Covid-19] gak harus ke RS, saturasi oksigen masih di atas 94-95, berdasarkan hasil uji klinis itu 50 persen bisa sembuh tanpa perlu masuk RS,” ujar Budi dalam paparannya.

Selain itu, Budi juga menyebut sudah berkoordinasi dengan perusahaan Merck untuk membeli hak paten Molnupiravir sehingga bisa diproduksi di Indonesia.

Dia mengaku sudah menggandeng perusahaan farmasi milik BUMN dan swasta untuk membantu proses produksi Molnupiravir di Indonesia. Budi juga menyampaikan targetnya untuk memproduksi Molnupiravir di dalam negeri pada tahun depan.

” Syukur-syukur bisa cepat, mudah-mudahan tahun depan kita bisa bikin Molnupiravir di sini sehingga memperkuat sistem ketahanan kesehatan kita,” tuturnya.

____

Baca artikel CNN Indonesia “Antisipasi Gelombang 3 Covid, Menkes Beli Molnupiravir 1 Juta Tablet” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211108125018-20-718064/antisipasi-gelombang-3-covid-menkes-beli-molnupiravir-1-juta-tablet?utm_source=facebook&utm_medium=oa&utm_content=cnnindonesia&utm_campaign=cmssocmed.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *