Abdul Rifai Juara Pertama Ketegori Feature Media Online Pada AJP

  • Bagikan
Abdul Rifai (tengah) pemenang pertama (juara 1) kategori Feature Media Online pada Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2021.

LOCUSNEWS,SULTENG – Abdul Rifai, Waratawan Media Alkhairaat berhasil menjadi pemenang pertama (juara 1) kategori Feature Media Online pada Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2021. Pengumuman pemenang disampaikan secara virtual, Jumat malam kemarin.

Pendaftaran Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2021 itu sebelumnya dibuka sampai tanggal 31 Oktober 2021, tapi diperpanjang lagi sampai 15 November.

Sampai batas akhir pendaftaran, jumlah karya jurnalistik yang masuk dari regional Sulawesi (Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Gorontalo), sekitar 200 lebih, untuk enam kategori, yaitu kategori feature/news online, kategori feature/news media cetak, kategori foto esay (cetak dan online), kategori CSR/UMKM (cetak dan online), kategori media televisi dan kategori radio.

Dari semua kategori, yang paling banyak karya jurnalistiknya adalah kategori feature/news online.

“Saya sendiri mengirim lima karya, satu untuk CSR/UMKM, tiga news dan satu feature. Yang menang itu feature dengan judul ‘BBM Satu Harga, Ikhtiar Mewujudkan Merdeka Energi di Kepulauan Togean’,” urai Rifai, Sabtu, 17 Desember 2021.

Dia mengaku, menulis saat-saat pernghujung deadline yang pertama. Data hanya dari pihak Pertamina dan hanya mengandalkan wawancara penyalur BBM di Palu, PT. Macindo Mitra Niaga dan via telpon salah satu warga di Kepulauan Togean.

“Hasil wawancara itu yang dibuat semaksimal mungkin dengan gaya feature dan semi indepth reporting yang dideskripsikan hanya dari hasil wawancara,” akunya.

Dia sedikit tidak menyangka, karena harus bersaing dengan wartawan-wartawan lain se Sulawesi, yang dia yakini sangat mumpuni dalam menulis.

“Terima kasih buat pihak Pertamina yang sudah membantu memberikan data-data, termasuk mencarikan kontak person pihak penyalur. Terima kasih juga buat Machindo. Tidak lupa terima kasih buat Pemimpin Redaksi Media Alkhairaat yang sudah memberikan ruang untuk tulisan,” ucap wartawan desk politik Sulteng ini.

Pemimpin Redaksi MAL Online Nurdiansyah mengucapkan selamat kepada Abdul Rifai atas penganugerahan ini. Keberhasilan Rifai menurutnya adalah pembuktian bahwa MAL Online telah menyajikan berita yang berkualitas, meskipun MAL Online sebagai pendatang baru dalam berita siber.

“Keberhasilan Abdul Rifai juga sebagai
pembuktian kualitas wartawan, sekaligus kualitas media. Belum lagi, kami MAL Online belum dua tahun aktif sebagai media siber namun sudah menyajikan produk jurnalistik yang diperhitungkan,” ungkapnya.

Nanang

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *