Pemerintah Bakal Berikan Penghargaan PPKM Award, Ini Indikator Penilaiannya

  • Bagikan
Penerimaan penghargaan. (Dok. Kemendagri)

LOCUSNEWS, JAKARTA – Pemerintah bakal memberikan penghargaan PPKM Award kepada pemerintah daerah (Pemda) dalam pengendalian pandemi Covid-19. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mengendalikan pandemi.

“Atas hal tersebut tentunya sangat layak untuk diapresiasi,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA, Kamis.

Safrizal ZA mengatakan, keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan pandemi dapat dicapai berkat kolaborasi dan gotong royong seluruh elemen masyarakat, bersama pemerintah pusat, Pemda, serta dukungan TNI dan Polri.

“PPKM Award merupakan wujud apresiasi dari pemerintah pusat kepada representasi stakeholders yakni Pemda, baik pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, fasilitas pelayanan kesehatan, serta satuan TNI maupun Polri di daerah,” urainya.

Dia menjelaskan, pemberian penghargaan penting dilakukan sebagai upaya merawat memori kolektif bangsa atas berbagai praktik baik yang konkret dilakukan di lapangan selama menghadapi pandemi. Selain itu, langkah ini untuk terus membangun kesiapsiagaan Indonesia menghadapi ancaman pandemi, wabah, atau kejadian luar biasa serupa di masa mendatang.

“Penilaian ini sangat objektif berbasis sistem dan evidence. Kemendagri selaku penanggung jawab pemberian penghargaan untuk kategori pemerintah daerah telah menyusun kriteria penilaian dan metodologi yang objektif. Hasil akhir dari nominator provinsi maupun kabupaten/kota akan ditentukan oleh dewan juri yang terdiri dari para pakar/epidemiolog dan pakar kebencanaan yang kredibel,” terang safrizal.

Indikator kinerja Pemda yang akan dinilai di antaranya regulasi penanganan Covid-19, kinerja penegakan protokol kesehatan, kapasitas respons, inovasi penanganan Covid-19, serta kebijakan dan realisasi anggaran penanganan Covid-19. Di samping itu, kinerja Pemda dengan hasil akhir berupa cakupan testing, tracing, treatment, dan cakupan vaksinasi juga menjadi aspek penilaian.

Kategori pemberian penghargaan kepada Pemda dalam pengendalian pandemi Covid-19 terdiri dari provinsi berkinerja terbaik dan kabupaten/kota berkinerja terbaik dengan peringkat 1, 2, dan 3 per kawasan, yaitu Sumatera, Jawa-Bali, Sulawesi, Kalimantan, dan Nusa Tenggara-Maluku-Papua.

“Saya berharap proses penilaian ini dapat berjalan lancar sehingga pada bulan Maret nanti Bapak Presiden dapat memberikan penghargaan ini secara langsung kepada pemerintah daerah,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *