Marak Penolakan Jenazah Covid-19, Safii : Tim Satgas Harus Edukasi Masyarakat

  • Bagikan
Foto : Moh. Safii Damar

LOCUSNEWS, SULTENG – Ketua Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Moh. Safii Damar, menilai maraknya penolakan jenazah meninggal akibat Covid-19 di daerah itu kerana minimnya pemahaman masyarakat.

Karenanya, ia meminta Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 disemua level mengintensifkan edukasi dan sosialisasi kepada warga.

” Banyak kita dengar ada penolakan saat jenazah Covid-19 akan dimakamkan. Ini akibat ketidak tahuan,  dan Satgas harus memberikan edukasi kepada warga,  bahwa jenazah covid-19 sudah tidak berbahaya lagi,  karena telah melalui potokoler kesehatan yang ketat,” ujar pria yang akrab disaapa Apik itu, di Warkop D’Classic Parigi,  Sabtu 1 Agustus 2021.

Fenomena penolakan pemakaman jenazah covid -19 oleh sejumlah warga di beberapa tempat, akibat miskinnya edukasi dan sosialisasi dari satgas, dan tidak berimbang dengan gencarnya ‘horror’ di media terkait bahaya virus mematikan itu. 

Sehingga, ia berharap, Satgas juga menggandeng tokoh agama agar memberikan nasehat-nasehat kepada warga soal  sudut pandang agama terkait penolakan pemakaman orang yang sudah meninggal. 

“Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan libatkan TNI dan Polri dalam pengawalan pemakaman jenazah Covid-19,” ungkapnya. 

Reporter : Bambang

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *