Petugas Harus Punya Data Akurat Warga Jalani Isoman Dan contact person

  • Bagikan
Rakernis Satgas Covid-19 berlangsung di Aula Kantor Bupati Parimo. (Foto : Bambang)

LOCUSNEWS, SULTENG – Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Zulfinasran Ahmad, ingatkan penting adanya data akurat warga yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman).

Hal itu, agar petugas setiap saat dapat memantau perkembangan kesehatan warga yang dimaksud, di rumah masing-masing.

“Tidak sedikit warga yang jalani Isoman menyampaikan ke saya tidak pernah didatangi. Tapi kalau ditanya sama petugas, sudah pak, datanya lengkap,” ujar Sekda, saat memimpin Rakernis tindaklanjut penanganan Covid, di lantai II kantor bupati setempat, Kamis baru-baru ini.

Sehingga, kata Sekda, penting adanya data valid warga Isoman disertai contact person. Data ini pula, harus dimiliki petugas sampai ketingkat Puskesmas.

“Perlu data pasien dilengkapi dengan contact person,” tekannya.

Ia mengatakan, keungan daerah sudah cukup besar dialokasikan untuk insentif Tenaga Kesehatan (Nakes), olehnya, harus diikuti dengan pelayanan yang maksimal.

Dilain sisi, Sekda mengungkapkan, ada tiga komponen yang menjadi tugas dan tanggungjawab Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menekan laju penyebaran Covid-19. 

Berupa, memastikan penanganan Covid berjalan dengan baik, pelaksanaan vaksinasi berjalan maksimal dan pemulihan ekonomi nasional.

“Kita sudah ada angka-angka tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pemulihan ekonomi nasional. Itu berkaitan dengan bantuan bibit,  pertanian, nelayan dan pedagang di pasar, silahkan dicek dan pantau bagaimana pelaksanaannya,” tutupnya.

Reporter : Bambang 

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *