TBM Sou Mpelava Terpilih Sebagai Penyelenggara Kampung Literasi

  • Bagikan
Wakil Bupati Parimo, H Badrun Nggai, bersama Ketua TBM Sulteng, Ketua TBM Parigi Moutong dan Relawan Literasi. (Foto : Israwati)

LOCUSNEWS, SULTENG –Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sou Mpelava di Desa Pelawa, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, terpilih sebagai penyelenggara program Kampung Literasi (KL) tahun 2021. 

Diketahui, Kampung Literasi merupakan salah satu program Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan literasi masyarakat.

“ Tahun ini Direktorat PMPK menunjuk 30 taman baca yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai penyelenggara KL, dan TBM Sou Mpelava menjadi salah satu yang terpilih,” ungkap Ketua TBM Sou Mpelava, Syilva Muslimah, Kamis 26 Agustus 2021.

Ia melanjutkan, saat ini TBM Sou Mpelava telah membentuk relawan Kampung Literasi Pelawa yang nantinya akan menjadi penggerak KL. Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, serta Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, terkait penyelenggaraan program KL.

“ Kami melibatkan pemuda Desa Pelawa, para pegiat literasi dan teman-teman dari berbagai komunitas sebagai Relawan Kampung Literasi Pelawa. Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak Disdik, Dispusaka, dan Forum TBM. Alhamdulillah, mereka sangat mendukung dan siap membantu jalannya program ini,” ungkapnya.

Lanjut Syilva, adanya program Kampung Literasi diharapkan dapat mendorong tercapainya enam literasi dasar serta menjadi agen perubahan yang strategis dan efektif dalam membentuk masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

Sementara itu Badrun Nggai, Wakil Bupati Parigi Moutong mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Kampung Literasi Pelawa. Ia berharap, ke depannya akan lebih banyak lagi kegiatan literasi yang diselenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong.

Reporter : Israwati

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *