Disdukcapil Parimo Terus Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat di Daerah Terpencil

  • Bagikan
Suasana pelayanan yang dilakukan Disdukcapil di Dusun Labani, Desa Bambasiang, Kecamatan Palasa. (Foto : Istimewa)

LOCUSNEWS,SULTENG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, terus berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di daerah terpencil.

Kali ini menyasar tiga dusun, di Desa Bambasiang, Kecamatan Palasa, yakni Dusun Ogotop, Bololi dan Dusun Labani.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Disdukcapil Parigi Moutong, Yamin mengatakan, pelayanan ‘jemput bola’ di tiga dusun tersebut dilakukan selama hampir dua pekan.

” Bergerak mulai dari tanggal 5 Oktober 2021. Hasilnya, dari ke tiga dusun tersebut kami merekam dan menerbitkan 342 KTP elektronik dan sekitar 400 lebih dokumen kependudukan lainnya,” kata Yamin, Senin 25 Oktober 2021.

Menurut dia, upaya mendekatkan pelayanan kepada warga di wilayah terpencil untuk menghindari kesalahan informasi terhadap variabel yang akan dimasukan dalam data Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Semisal, tanggal, bulan dan tahun lahir warga, dan sejumlah informasi lain yang dibutuhkan.

” Disdukcapil sengaja mendekatkan pelayanan agar mudah memperoleh data valid yang dibutuhkan dalam pengurusan dokumen kependudukan. Terlebih mereka yang mendiami wilayah terpencil yang minim akses,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Yamin, bentuk komitmen dan tanggung jawab Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, untuk penyediaan dokumen kependudukan.

Dengan demikian, ia katakan, sebagai warga negara mereka (warga pedalaman) memperoleh hak yang sama atas fasilitas berupa bantuan Pemerintah, baik dari pusat, daerah hingga Pemerintah Desa.

” Semua bantuan yang diberikan dari Pemerintah basisnya adalah Adminduk. Semisal, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan lainnya,” urainya.

Ia berharap, pelayanan ‘jemput bola’ tersebut terus dilakukan, khususnya ke warga pedalaman di daerah itu.

Bambang

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *