Presiden Jokowi Anugerahi Tombolutu Pahlawan Nasional

  • Bagikan
Raja Tombolotutu. (Foto : Istimewa)

LOCUSNEWS,SULTENG – Presiden Joko Widodo akan menganugerahi Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional bertempat di Istana Bogor, Jawa Barat, pada 10 November 2021.

Dilansir dari merdeka.com Pemberian penghargaan tertuang dalam Keputusan Presiden nomor 109/TK/2021 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

Selain Tombolutu ada pula Sultan Aji Muhammad Idris dari Provinsi Kalimantan Timur, Aji Usmar Ismail dari Provinsi DKI Jakarta dan Raden Ayra Wangsakara dari Provinsi Banten.

Menkopolhukam Prof Dr Mahfudz MD mengatakan, Pahlawan Nasional itu nantinya akan diserahkan secara resmi dan dianugerahkan secara resmi kepada masing masing keluarga para Pahlawan di Istana Bogor.

Kata Mahfud, keputusan empat tokoh tersebut sudah ditetapkan melalui Keputusan Presiden nomor 109/TK/2021 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

Menurut Mahfud, keempat Pahlawan adalah sosok yang menginspirasi untuk membangun, berdaulat serta ikut memperjuangkan dan memajukan Indonesia.

Mahfud menambahkan, terdapat ratusan nama yang diajukan kepada pemerintah. Tetapi kali ini Presiden lebih mengutamakan terkait pemerataan pahlawan kedaerahan. Oleh sebab itu Presiden memilih 4 Pahlawan dari 4 daerah.

” Semua yang diajukan ratusan Pahlawan dan semuanya baik baik, tetapi ini yang menonjol, maka pemerintah kali ini mengutamakan selain ketokohan tapi yang lebih diutamakan adalah pemerataan kedaerahan,” katanya.

Bambang

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *