Terima Kunjungan Brida Sulteng, Sekdaprov : Perlu Memotivasi OPD Untuk Berinovasi

  • Bagikan
Kepala Brida Provinsi Sulteng, Faridah Lamarauna. (Foto : Brida Sulteng)

LOCUSNEWS, PALU – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) Novalina Wiswadewa mengingatkan pentingnya memotivasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menciptakan inovasi di lingkungan kerjanya.

Hal itu diungkap Novalina saat menerima audiensi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Sulteng Faridah Lamarauna, di ruang kerjanya, Jumat (15/9/2023). Faridah pada kesempatan itu didampingi Kepala Bidang Riset Inovasi dan Teknologi, Hasim R.

“Perlu dilakukan motivasi kepada seluruh OPD untuk menciptakan inovasi ditempat kerjanya,” ujar Novalina.

Novalina kemudian menyarankan agar Brida Sulteng dapat menyurat secara resmi terkait usulan indikator inovasi perangkat daerah. Sehingga menjadi salah satu dari perjanjian kinerja pimpinan perangkat daerah dengan target minimal satu perangkat daerah.

“Minimal satu inovasi, meskipun sifatnya terapan ataupun hanya uji coba,” jelas Novalina.

Novalina berharap, agar Brida Sulteng benar-benar menjadi pusat penelitian satu pintu untuk daerah itu. Dengan demikian, Novalina menegaskan tidak ada lagi penelitian yang dilakukan oleh OPD

“Yang mana tidak ada lagi penelitian-penelitian atau kajian-kajian yang dilakukan oleh masing-masing OPD,” tungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Brida Provinsi Sulteng Faridah Lamarauna menyampaikan, bahwa pemeringkatan Indeks Inovasi Daerah (IID) akan dilakukan pada tahun depan (2024).

“Hal ini dilakukan guna memacu spirit bagi OPD untuk membuat inovasi,” terang Faridah.

Faridah menginformasikan, pada tahun 2022 hasil penilaian IID Pemprov Sulteng berada ditingkat inovatif. Untuk itu, ia berharap pada tahun 2023 IID Provinsi Sulteng berada ditingkat sangat inovatif.

Diketahui, tindak lanjut dari kunjungan tersebut, Brida Sulteng akan mengundang para oparator untuk mengikuti bimbingan teknis terkait IID dan tata cara pengisian formulir dengan menggunakan aplikasi.

Bagikan Berita :
Penulis: WardyEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *