Gubenur Akan Bangun Jalan Menghubungkan Tiga Lembah di Kawasan Tampo Lore

  • Bagikan
Pencanangan Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit, di Kabupaten Poso. (Foto : IST)

LOCUSNEWS, POSO – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H Rusdy Mastura alias Cudy memerintahkan OPD terkait segera merencanakan pembangunan jalan yang menghubungkan tiga lembah di kawasan Tampo Lore. 

Tiga lembah dimaksud adalah lembah Bada, lembah Behoa dan lembah Kulawi. Bagi Cudy, pembukaan jalan tersebut penting agar hubungan kekerabatan antar masyarakat di tiga kawasan lembah tersebut dapat terhubung.

“Saya perintahkan kepada OPD yang menangani infrastruktur dan kepariwisataan agar segera memprogramkan pembangunan ruas jalan yang menghubungkan tiga lembah di kawasan Lore,” ujar Cudy saat pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit, di Kabupaten Poso, Selasa.

Terhadap sektor kepariwisataan, Cudy pun mengimbau OPD terkait agar segera melaksanakan program pembinaan kepada masyarakat untuk home stay, agar memberikan efek ekonomi.

“Karena di Bada ini belum ada hotel atau penginapan yang representatif untuk mendukung kunjungan wisata,” ucapnya.

Dilain sisi, Cudy mengaku gembira karena telah berhasil mendeklarasikan keberadaan megalit di Sulteng. Sebab, hal tersebut ia telah cita-citakan sejak menjabat Walikota Palu.

“Sejak saya menjabat Walikota Palu, hal ini sudah terpikirkan, namun belum dapat terlaksana karena keterbatasan kewenangan,” ungkapnya.

“Selaku gubernur momentum ini saya gunakan untuk mengantar megalit ini kepanggung dunia, agar dapat ditetapkan sebagai cagar budaya warisan dunia oleh UNESCO,” sambung Cudy.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *