Pemprov Sulawesi Tengah Gelar FGD Indeks Demokrasi Indonesia 2024

  • Bagikan
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulteng, Fahrudin D. Yambas membuka secara resmi FGD Indeks Demokrasi Indonesia Tahun 2024. (Foto : Humas Pemmprov Sulteng)

LOCUSNEWS, PALU – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng), Fahrudin D. Yambas membuka secara resmi Focus Group Discussion  (FGD) Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Tahun 2024, di ruang rapat Bakesbangpol Sulteng, Jumat (15/3/2024).

Kesempatan itu, Fahrudin D. Yambas menyampaikan, bahwa FGD IDI ini merupakan wujud upaya pemerintah dalam memberikan informasi dan pemahaman, dalam rangka mengukur sistem demokrasi di Indonesia.

Ia menjelaskan, merujuk pada hasil pengukuran IDI secara nasional tahun 2022, Sulteng mencapai nilai indeks sebesar 80,92 poin atau mengalami kenaikan sebesar 2,97 poin masuk dalam kategori baik. dibandingkan dengan nilai IDI tahun 2021 yakni, 77,95 poin.

“Kondisi demokrasi Indonesia cukup stabil, berjalan tanpa gejolak-gejolak yang besar,” ujar Fahrudin 

Ia menuturkan, untuk menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesia digunakan metode pengumpulan data IDI yaitu pertama, aspek kebebasan meliputi, kebebasan berserikat dan berkumpul, kebebasan berpendapat, kebebasan berkeyakinan, dan kebebasan dari diskriminasi. 

Kedua, aspek kesetaraan, meliputi hak memilih dan dipilih, partisipasi dalam pengambilan keputusan, kesetaraan gender dalam mendapatkan penghasilan dan akses masyarakat terhadap informasi publik.

Ketiga lanjut Fahrudin, aspek kapasitas lembaga demokrasi, meliputi Pemilu yang bebas dan adil, peran DPRD, peran partai politik, peran Birokrasi pemerintahan daerah serta peradilan yang independen. 

Fahrudin berharap, pemerintah maupun pemangku kepentingan lainya untuk melakukan intervensi perbaikan terhadap berbagai kelemahan yang ditemui. 

“Salah satu upaya yang perlu menjadi perhatian adalah pendidikan politik untuk membangun karakter politik masyarakat yang cerdas dan bertanggung jawab,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
Penulis: WardyEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *