Pemkab Parimo Terima Bantuan Sektor Tanaman Pangan dan Hortikultura

  • Bagikan
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawasi Tengah, Nelson Metubun. (Foto : Ist)

LOCUSNEWS, PARIMO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) menerima bantuan dari sektor tanaman pangan dan hortikultura dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bantuan sebesar Rp 24.304.503.000,- itu diserahkan secara langsung Gubernur H Rusdy Mastura saat rapat kerja bersama Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Parimo, Sabtu (15/6/2024).

“Bantuan yang diserahkan tadi itu, untuk sektor tanaman pangan dan hortikultura,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sulawasi Tengah, Nelson Metubun, di Parigi, Sabtu.

Dijelaskan Nelson, bantuan yang diberikan berupa benih padi kaya gizi seluas 1200 hektare, benih jagung hibrida selus 2000 hektar dan benih kacang tanah seluas 15 hektare. 

Kemudian, bibit durian sebanyak 25.888 pohon, bibit alpukat sebanyak 9.700 pohon, 40 Kilogram benih porang dan kegiatan mandiri benih seluas 40 hektare. 

“Dari alokasi bantun ini, juga tersedia pupuk dan pestisida untuk lahan seluas 500 hektar, pupuk hayati cair sebanyak 3.650 liter, herbisida 7.300 liter,” ungkapnya.

Nelson menambahkan adapula bantuan 180 unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) serta pemberdayaan petani miskin dengan kuota 435 Kepala Keluarga (KK).

Adapun penerima dari bantuan tersebut, kata Nelson, merupakan kelompok petani, yang telah terdaftar dalam aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simluhtan). 

“Jadi wajib hukumnya, masuk dalam aplikasi Simluhtan. Kalau tidak, ada indikasi  kelompok tersebut ilegal. Kita hindari itu,” tukasnya.

Ia berharap, dengan bantuan stimulan pemerintah dapat meningkatkan produksi dan produktivitas sektor tanaman pangan dan hortikultura di Sulawesi Tengah. 

“Mengingat, Sulawesi Tengah merupakan sentra penghasil pangan maupun hortikultura. Dalam kaitannya, misi besar kita bersama sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN),” tutupnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *