Tahun Ini PAUD DIKMAS Target 156 Lembaga Bisa Terakreditasi

  • Bagikan
Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Nurlina (Foto : Dokumen Gema Sulawesi)

LOCUSNEWS, SULTENG – Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD Dikmas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, menargetkan 156 lembaga PAUD dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) terakreditasi di Tahun 2021.

Hal itu disampaikan, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Nurlina Sani, kepada wartawan Locusnews baru-baru ini. Ia mengatakan untuk itu semua lembaga baik PAUD maupun PKBM yang ingin mengajukan akreditasi harus melengkapi semua data atau dokumen yang dibutuhkan dan diisi melalui aplikasi sispena.

“Melalui aplikasi sispena dapat dilihat bagaimana kesiapan lembaga untuk dinilai yaitu ketika capaian sispenanya pada angka 80% dan sampai saat ini yang memenuhi syarat baru 70 lembaga dari tagret 156 lembaga,” jelas Nurlina.

Nurlina menambahkan, demi mencapai target  pihaknya berusaha memberikan dukungan berupa pendampingan kepada setiap lembaga atau satuan pendidikan yang mengalami kendala untuk memenuhi dokumen atau data yang dipersyaratkan.

“Sampai saat ini kami selalu berupaya mensupport lembaga atau satuan pendidikan untuk mengajukan akreditasi yaitu dengan memperkuat sistem kerja sama,” ujarnya.

Tambahnya, yang sangat penting untuk disadari pengelola lembaga yaitu jika lembaga sudah  terakreditasi maka akan menjadi prioritas penerima bantuan baik itu BOP maupun Dana Alokasi khusus (DAK) fisik. 

Sehingga Nurlina berharap,setiap lembaga PAUD dan PKBM agar berupaya untuk mengajukan akreditasi. Hal itu kata dia, menjadi salah satu tolak ukur kualitas dan mutu. 

“Lembaga yang tidak mengajukan akreditasi itu berarti kita bisa menilai bahwa lembaga tersebut tidak cukup usaha untuk memperbaiki kualitas dan mutu” tutupnya.

Reporter : Israwati

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *