Menyambut Konferwil, Kader NU Sulteng Gelar Dialog Berseri

  • Bagikan
Fery Cokroaminoto

LOCUSNEWS, SULTENG – Dalam rangka menyambut Konferwill Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Sulawesi Tengah, Kader NU setempat akan melaksanakan diskusi.

Inisiator Dialog Fery Cokroaminoto Dewantoro Palenga mengatakan, diskusi tersebut akan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom.

Menurut dia, perjalanan NU di Sulawesi Tengah memiliki sejarah tersendiri, seiring dengan berkembanganya dinamika dan peradaban masyarakatnya.

Olehnya, tantangan keumatan dan modernisasi yang sangat massif, serangan terhadap amaliyah Ahlu Sunnah Wal Jamaah yang juga kian gencar, menuntut NU baik secara jamaah maupun jamiyyah harus terus hadir dan menjawab tantangan perkembangan zaman.

Ia berharap, NU di tengah-tengah masyarakat Sulawesi Tengah betul betul berperan dan memberikan manfaat.

Minimal lanjut dia, dapat dipotret dari  3 hal, yakni Penataan Organisasi dan Kaderisasi, Pengelolaan Ekonomi serta Peran Keummatan. 

“Tiga hal ini dapat dikatakan sebagai syarat dasar agar bisa mempertahankan eksistensi NU di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Mantan Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Tahun 2002 ini juga mengharapkan dari dialog-dialog ini nantinya lahir formula baru tentang bagaimana ber-NU yang manfaat, yang hadirnya dirasakan bagi umat.

 “Kami ingin menemukan gagasan, visi organisasi yang bukan sekedar mencari figur-figur dalam suksesi organisasi itu sendiri. Gagasan ini bisa datang dari satu atau dua bahkan lebih,” ucapnya.

Lanjut dia, tantangan keumatan saat ini semakin sangat kompleks, sebagai salah satu benteng Ahlu Sunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang sekarang diserang habis-habisan.

“NU Sulawesi Tengah harus berdiri tegak mengawal ajaran-ajaran dan nasehat Guru Guru Mulia kita, termasuk di dalamnya ajaran Guru Mulia Alhabib Sayyid Idrus bin Salim Aljufrie (Guru Tua) pendiri Alkhairaat” ujarnya.

Diketahui Seri Dialog nantinya akan dilaksanakan sebanyak 3 kali yang masing-masing temanya adalah, Seri 1 Penataan Organisasi & Kaderisasi, Seri 2 Membangun Ekonomi Warga Nahdliyin, Seri 3 eksistensi Peran Keummatan. 

Seri 1 akan dilaksanakan secara virtual melalui Zoom, pada Jumat, 2 Juli 2021, Jam 19.30 WITA, menghadirkan 4 orang Narasumber yakni Dr. Lukman Thahir, Dr. Gani Jumat, Dr. Muhtadin Mustafa dan Sahran Raden, MH, dimana keempat Narasumber tersebut adalah kader NU Sulawesi Tengah. Adapun Seri 2 dan 3 akan dilaksanakan menunggu jadwal yang akan diatur selanjutnya oleh Pelaksana Dialog.

Reporter : Bambang

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *