Disdikbud Parimo Beri Penguatan Literasi Dasar Bagi Orang Tua Murid dan Guru

  • Bagikan
Suasana Bimtek penguatan literasi dasar bagi wali murid dan guru PAUD berlangsung di Aula Disdikbud Parimo. ( Foto : Wawa Toampo)

LOCUSNEWS,SULTENG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan literasi dasar bagi Orang tua murid dan guru PAUD berlangsung di Aula Disdikbud setempat, Senin, 8 November 2021.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (DIKMAS), Nurlina Sani, mengatakan kegiatan tersebut guna memberi pengenalan literasi sejak dini terhadap orang tua murid dan guru.

” Dalam Bimtek ini, orang tua dan guru akan diajarkan metode pengenalannya,” ungkap Nurlina.

Dia mengatakan, literasi dasar yang akan diperkenalkan bagi anak usia dini tersebut adalah literasi numerasi, sains, kewargaan, finansial, teknologi dan budaya.

Namun, menurut Nurlina, pengenalannya menggunakan metode bermain, karena merdeka belajar anak di usia dini adalah bermain.

Dengan demikian, mereka (anak usia dini) merasakan sedang bermain, padahal sesungguhnya sedang berliterasi dasar.

Dikatakannya, metode bermain sambil belajar penting sebagai pondasi bagi anak usia dini. Sebab, di usia itu terjadi perkembangan volume otak, sehingga menyerap banyak pelajaran dari apa yang diterima dan respon dari lingkungan.

“ Disitulah kesempatan kita (Orang tua dan Guru), memberikan pendidikan sebanyak-banyaknya, karena seperti kapas, apapun akan diserapnya,” urainya.

” Keterlibatan orang tua dalam kegiatan ini, karena mereka adalah guru yang pertama dan utama,” sambungnya.

Diketahui dalam kegiatan itu, pihaknya melibatkan sebanyak 60 lembaga PAUD, diwakilkan masing-masing dua orang peserta.

Wawa Toampo

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *