Wabup Sebut Salah Satu Ciri Desa Maju Dilihat Dari Perkembangan Bumdes

  • Bagikan
Wabup Parimo, H Badrun Nggai membuka Bimtek tata cara penyusunan pelaporan keuangan Bumdes. (Foto : Tim Kominfo)

LOCUSNEWS, PARIMO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Parigi Moutong melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tata cara penyusunan pelaporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), bertempat di aula Kantor DPMD setempat, Senin, 25 Juli 2022.

Wakil Bupati (Wabup) Parimo, H Badrun Nggai menyambut baik atas diselenggarakannya Bimtek tersebut untuk penguatan Bumdes. Sebab, menurutnya, salah satu ciri desa yang maju dilihat dari perkembangan Bumdes.

“Lembaga usaha yang didirikan berdasarkan Peraturan Desa itu peranannya akan semakin penting kedepannya karena menjadi penyumbang pendapatan asli desa,” terang Wabup saat membuka kegiatan.

Selain itu, Bumdes juga memiliki peran sebagai roda penggerak perekonomian di desa dan memiliki dua orientasi ekonomi yaitu, ekonomi bagi Bumdes dan ekonomi masyarakat.

Sebab, orientasi ekonomi Bumdes berperan sebagai entitas bisnis yang beroperasi untuk menjalankan usaha ekonomi pada berbagai bidang seperti, usaha dagang, jasa dan produksi.

“Dari semua usaha itu bertujuan untuk menghasilkan nilai lebih agar kelangsungan hidup Bumdes dapat tetap terjaga,” urainya.

Badrun berharap, Bumdes ke depannya dapat mandiri dengan pengelolaan keuangan yang baik dan terarah.

“Olehnya sangat diharapkan pengelolaan Bumdes dapat memenuhi kewajibannya seperti menyusun laporan keuangan, karena berdasarkan laporan keuangan ini dapat menentukan kinerja keuangan, volume usaha serta jumlah yang akan dibagikan kepada para pemberi modal bagi hasil ke pemerintah desa atau hasil usaha desa,” tutupnya.

Abd. Gafur

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *