Sambut HPS 2022, Pemda Parimo Gelar Pelatihan Pembuatan Gula Cair Sagu

  • Bagikan
Pembukaan pelatihan pembuatan gula cair sagu bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), bertempat di Pantai Mosing Sinei. (Foto : Doc Diskominfo)

LOCUSNEWS, PARIMO – Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo) menggelar pelatihan pembuatan gula cair sagu bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), bertempat di Pantai Mosing Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan, Rabu.

Bupati Parimo, H Samsurizal mengatakan, kegiatan tersebut guna mempersiapkan masyarakat dalam meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi Hari Pangan Sedunia (HPS) dan Hari Ikan Nasional (Harkanas).

Ia menjelaskan, pelaksanaan HPS dan Harkanas akan dilaksanakan dalam waktu terpisah sesuai petunjuk dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pertanian.

Sehingga lanjut dia, dijadwalkan HPS di selenggarakan tanggal 26 Oktober 2022, sementata Harkanas pada 21 November 2022.

“Kegiatan HPS dan Harkanas petunjuk dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan tidak bisa disatukan.
Untuk kegiatan HPS kita satukan dengan kegiatan Equator RUN 10K tanggal 26 Oktober 2022, dan yang kita tampilkan di HPS adalah Sagu,” terang Samsurizal saat membuka pelatihan tersebut.

Menurut Samsurizal, sebelumnya pihak IPB telah mengirimkan salah satu perwakilannya untuk memberikan pelatihan pembuatan adonan berbahan Sagu. Olehnya ia menghimbau peserta pelatihan agar mepraktekan ilmu yang telah didapatkan khusus bagi masyarakat di sekitar lokasi HPS.

“Tolang agar ilmu yang telah didapatkan sebelumnya tentang pengelolaan Sagu untuk terus dikembangkan. Hari ini juga bapak Prof Bintoro akan mengajarkan satu ilmu lagi yaitu tentang pembuatan gula cair Sagu. Tolang dipraktekan untuk kita terapkan agar berguna bagi masyarakat khsusnya masyarakat di sekitar lokasi HPS ini,” harapnya.

Rislan/Diskominfo

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *