Mudahkan Warga Mengurus Dokumen Adminduk, Disdukcapil Lakukan Pelayanan Mobile

  • Bagikan
Kabid PIAK Dukcapil Parimo, Yamin.

LOCUSNEWS, PARIMO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, kembali melakukan pelayanan mobile dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di dua kecamatan, yakni Bolano dan Mepanga.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Yamin mengatakan, pelayanan mobile tersebut sudah dimulai sejak Senin (26/9) dan akan berakhir pada Jum’at pekan ini.

“Pelayanan Adminduk di dua kecamatan dimaksud dijadwalkan selama 5 hari,” terang Yamin, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 28 September 2022.

Ia mengakui, masih banyak warga di wilayah itu belum mengurus dokemen Adminduk disebabkan jauhnya jarak tempuh ke kantor Dukcapil. Padahal semua pengurusan dokumen kependudukan tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Untuk warga yang jauh dari ibu kota mau tidak mau harus mengeluarkan biaya transportasi bahkan biaya menginap selama di Parigi. Ini yang membuat masyarakat enggan mengurus Adminduk,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan adanya pelayanan mobile semakin memudahkan warga dalam memperoleh dokumen Adminduk tanpa harus mengeluarkan biaya, dengan harapan disambut antusias.

Sebab, menurutnya, masyarakat mempunyai kewajiban untuk memperbarui admindukinya baik KTP maupun KK, karena ia yakin banyak masyarakat yang dokumen adminduknya berubah setiap tahunya.

“Kami berharap warga belum melakukan pengurusan Adminduk memanfaatkan betul pelayanan mobile ini,” tutupnya.

Abd. Gafur

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *