Festival Budaya Mora’a tahun 2022 di Kabupaten Touna Resmi Dimulakan

  • Bagikan
Pembukaan Festival Budaya Mora'a berlangsung di lapangan Molibu Desa Uwekuli Kabupaten Tojo Una una, Sabtu (22/10/2022). (Foto : Doc Prokopim Setda Parimo)

LOCUSNEWS, TOUNA – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Yudiawati V. Windarusliana mewakili gubernur, membuka secara resmi Festival Budaya Mora’a tahun 2022, dipusatkan di lapangan Molibu Desa Uwekuli, Kabupaten Tojo Una una (Touna), Sabtu, 22 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut diawali dengan Devile kontingen 9 kabupaten/Kota. Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong Zulfinasran Achmad, turut hadir di acara itu mewakili bupati.

Yudiawati mengatakan, festival pekan budaya tersebut dalam rangka merawat dan melestarikan seni budaya dan kearifan lokal di masyarakat. Juga sebagai ajang kelestarian wisata dan kepariwisataan yang ada di Sulteng.

Disamping itu lanjut dia, sebagai magnet bagi wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara. Sehingga Yudiawati berharap bisa merata dilaksanakan oleh kabupaten lainya di Sulteng untuk menjadi trend budaya di masing masing daerah sebagai identitas.

“Festival Budaya ini adalah salah satu sarana komunikasi penting sebagai media pelestarian budaya, juga sebagai warisan budaya daerah Sulteng yang diakui sampai ditingkat nasional.” Pesannya.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya ceremoni semata, akan tetapi untuk berkolaborasi bersama menyampaikan pesan pesan moral dengan mengangkat kearifan lokal budaya daerah serta kehidupan bermasyarakat, dan juga Mendorong partisipasi pembangunan,” sambungnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *