Gubernur Rusdy : Dukung IKN Dengan Pengembangan Kota Sunset Donggala

  • Bagikan
Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura saat melakukan peninjauan pengembangan Kota Sunset dan parawisata Donggala, Senin (23/1/2023). (Foto : Dok Biro Adm Pimpinan)

LOCUSNEWS, PALU – Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura mengatakan, pengembangan Kota Sunset di Donggala merupakan bagian dari upaya mendukung sektor Pariwisata Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikanya saat melakukan peninjauan pengembangan Kota Sunset dan parawisata Donggala, Senin, 23 Januari 2023.

“Tujuan pengembangan pembangunan Kota Sunset dan Pengembangan Kota Wisata Donggala untuk mempersiapkan tempat wisata dari IKN,” terangnya.

Gubernur menyampaikan pengembangan Kota Sunset dan kawasan parawisata sudah tepat, karena melihat dari potensi Kabupaten Donggala.

“Sehingga kita  mempersiapkan kawasan wisata Donggala yang berkelas dunia, sehingga masyarakat di IKN nanti akan datang berlibur di Donggala,” jelasnya

Gubernur meminta Kota Sunset dan rencana pengembangan kawasan wisata lainya melibatkan konsultan yang profesional.

Selain itu kata Ia, perlu dibangun kota alternatif yang mengarahkan pembentukan kota administratif  Donggala dengan rencana pemekaran Kabupaten Donggala.

“Dengan kita persiapkan daerah ini menjadi kawasan wisata, kita bisa undang para insvestor untuk membangun sarana perhotelan dan sarana pendukungnya seperti Bandar Udara dan Pelabuhan” ujar Gubernur.

Gubernur juga berharap kabupaten lain di Sulteng, yang punya ciri khas bisa dikembangkan.

“Masing – masing seperti Poso , Banggai , Toli Toli , kita desiain menjadi kota pengembangan dengan ciri khas tersendiri,” kata Gubernur.

Gubernur meminta kepala Bappeda agar dapat mengalokasikan anggaran yang memadai untuk pengembangan kawasan tersebut.

Diketahui, saat berkunjung Gubernur Rusdy Mastura didampingi Bupati Donggala Dr. Kasman Lassa, SH, MH, Tim Ahli Gubernur , Bidang Investasi Ronny Tanusaputra , Kepala Bappeda dan jajaran Kepala OPD Teknis.

Bagikan Berita :
Penulis: Biro ADM PimpEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *