Bupati Parimo Pimpin Rapat Persiapan Festival Durian

  • Bagikan
Rapat persiapan festival durian yang akan bertempat di Rumah Jabatan (Rujab), Selasa, 24 Januari 2023. (Foto : Dok Prokopim Setda)

LOCUSNEWS, PARIMO – Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu didampingi Sekretaris Daerah Zulfinasran, pimpin rapat persiapan festival durian yang rencananya akan berlangsung di daerah itu, bertempat di rumah jabatannya, Selasa, 24 Januari 2023.

Bupati mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis segera menindaklanjuti hasil konsultasi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“OPD teknis yang membidangi secepatnya membuat perencanaan dan evaluasi hal apa saja yang menjadi masukan dari Kementan, antara lain teknis penyelenggaraannya,” imbuhnya.

Menurut dia, saat ini pihak Kementan telah menunggu roundown pelaksanaan festival durian internasional yang akan dilaksanakan di Kabupaten Parimo. Adapun jadwal pelaksanaannya, akan disesuaikan dengan masa panen yang diperkirakan pada April atau Mei.

“Roundown telah ditunggu oleh pihak Kementan, dan juga Kementerian Sekretariat Negara sampai besok sore. Jadi semuanya saya minta buat jadwal penyusunan rowndon acara tersebut paling tidak selesai hari ini secepatnya,” tegasnya.

Sebungan dengan dua kegiatan, yakni festival durian lokal dan festival durian nasional yang dilaksanakan di Kabupaten Parimo, ia meminta pada OPD terkait agar melakukan koordinasi ke kecamatan- kecamatan.

“Agar bisa menentukan kecamatan yang mana dapat menjadi tuaran rumah pada pelaksanaan acara festival durian lokal nantinya,” ujar Samsurizal.

Ia berharap, dengan digelarnya pelaksanaan festival durian, semakin mempertegas Kabupaten Parimo sebagai penghasil durian terbesar di Indonesia, melalui konsep pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan berbasis teknologi.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *