Pemkab Parigi Moutong Mulai Gencarkan Vaksinasi PMK Untuk Hewan Ternak

  • Bagikan
Wabup Parimo Badrun Nggai didampingi Kadis Perternakan dan Kesehatan Hewan, Jony Tagunu menyuntikan vaksinasi PMK pada terbak sapi. (Foto : Prokopim Setda)

LOCUSNEWS, PARIMO – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, melalui Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan setempat, mulai gencarkan vaksinasi penyakit mulut dan kaki (PMK) untuk hewan ternak.

Hal itu ditandai dengan peluncuran sebagai tanda dimulainya vaksinasi, berlangsung di Desa Sayogindano, Kecamatan Siniu, Kamis, 2 Februari 2023.

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai mengatakan vaksinasi penting untuk mencegah lebih awal agar penularan PMK pada hewan ternak tidak meluas.

“Ini salah satu upaya pemerintah sekaligus bentuk kesiapsiagaan, yaitu mengambil langkah cepat melakukan pemberian vaksin bagi hewan ternak, Sebelum terjadi perluasan,” terang Badrun.

Menurut Badrun, selain vaksinasi, untuk menangani agar tidak terjadi perluasan penyebaran virus PMK, perlu melakukan pengembalaan terhadap hewan ternak.

“Melalui vaksinasi, tentu saja harapanya dapat mengamankan sentra pembibitan hewan ternak dan mengendalikan penyebaran PMK,” urainya.

Ia menginformasikan, saat ini distribusi vaksin PMK sudah tersedia di Kabupaten Parigi Moutong sebanyak kurang lebih sepuluh ribu dosis.

Olehnya ia berharap masyarakat yang mempunyai hewan ternak berkuku belah untuk turut berpartisipasi memberi vaksin PMK.

“Tujuan vaksinasi PMK ini agar kesehatan hewan ternak terjaga,” tutupnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *