KHST Peringati Hari Kearsipan dan Hari Buku Nasional 2023

  • Bagikan

LOCUSNEWS, PALU – Komunitas Historia Sulawesi Tengah (KHST) mengadakan pameran arsip dalam rangka memperingati hari kearsipan dan hari buku nasional 2023, bertempat di Gedung Juang, Jalan Cempaka, Kota Palu. Kamis (18/5/2023).

Komunitas Historia Sulawesi Tengah (KHST) berawal dari sekumpulan orang yang bertemu di media sosial yang kemudian bersama-sama memiliki keprihatinan pada sejarah dan budaya daerah Kota Palu yang mulai dilupakan.

Mohammad Herianto selalu Koordinator Komunitas Historia menjelaskan arsip-arsip ini mereka dapatkan dari penelusuran ke dinas-dinas dan tokoh masyarakat, arsip yang didapatkan kebanyakan berada dalam kondisi yang buruk dan sudah tidak terawat.

“Itu sangat miris tapi teman-teman kemudian sudah melakukan restorasi dan reservasi arsipnya karena ada beberapa teman yang bekerja di kearsipan.” Ucap Mohammad Herianto.

Ia juga menyampaikan bahwa pemilihan lokasi pameran di Gedung Juang untuk menarik perhatian masyarakat agar tempat ini kembali diperhatikan lagi oleh pemerintah.

Jamrin Abubakar, seorang pengunjung sekaligus Penulis dan Pegiat Litearsi menyampaikan apresiasinya terhadap pameran ini sekaligus keresahannya karena kurangnya perhatian masyarakat dan pemerintah tentang Kearsipan.

“Terus terang yang selama ini kan selalu didengungkan oleh pemerintah itu adalah gerakan literasi, kenapa tidak diadakan gerakan sadar arsip ? Sementara arsip kan ada Undang-undangnya.” kata Jamrin Abubakar.

Bagikan Berita :
Penulis: Wardy
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *