Masyarakat Antusias Bantu Palestina, Presiden Janji Segera Kirimkan Bantuan Tahap Kedua

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya usai melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Sabtu, 4 November 2023. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

LOCUSNEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widido atau Jokowi menyinggung terkait tingginya antusiasme masyarakat Indobesia untuk membantu rakyat Palestina. Karena itu, Jokowi berjanji, pemerintah akan segera mengkoordinasikan dan menyiapkan pengiriman bantuan untuk tahap kedua.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi kepada awak media usai melepas bantuan tahap pertama di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

“Ini kita melihat bahwa antusias masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dunia usaha ini banyak sekali yang ingin menyalurkan bantuannya sehingga ini akan kita koordinasi karena masuknya ke sana juga tidak mudah. Kalau pemerintah itu lebih gampang sehingga kita terbuka dan kita harapkan nanti tahap kedua sesegera mungkin,” ujar jokowi dikutip dari laman presidenri.

Jokowi menjelaskan, bantuan tahap pertama akan diberangkatkan dengan dua pesawat TNI AU seberat 21 ton pada hari ini (Sabtu). Sementara 30 ton sisanya akan diberangkatkan dengan pesawat kargo melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta esok (05/11/2023). Bantuan akan dibawa menuju Bandara El Arish di Mesir setelah menunggu antrean di Jeddah, Arab Saudi.

“Dari sini nanti akan dibawa lewat Jeddah, sudah berhenti menunggu antrean untuk masuk ke El Arish. Dari El Arish baru nanti dibawa ke Gaza,” imbuhnya.

Menurutnya, bantuan tahap pertama terdiri atas barang-barang yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Palestina di Gaza, antara lain penjernih air minum. Selain itu, juga dikirimkan alat-alat medis, obat-obatan, hingga bahan-bahan makanan.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *