Cudy : Masyarakat Sulteng Masih Jadikan Sektor Pertanian sebagai Pilihan Utama

  • Bagikan
Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura menyampaikan sambutan pada pembukaan Jambore Penyuluh Pertanian tingkat nasional tahun 2023. (Foto : Istimewa)

LOCUSNEWS, SIGI – Gubernur H Rusdy Mastura atau Cudy menegaskan masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) masih menjadikan sektor pertanian sebagai pilihan utama dalam meningkatkan kesejahteraan.

Buktinya, kata ia, berdasarkan data yang dilansir Balai Karantina Kelas II Palu, ekspor komoditi pertanian Sulteng sebesar 1.284 ton dengan nilai 9,8 miliar dalam kurun waktu dua tahun terakhir. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Cudy pada pembukaan Jambore  Penyuluh Pertanian tingkat nasional tahun 2023 di UPT Diklat Pertanian Sidera, Kabupaten Sig, Senin. 

Kata dia, satu dari tiga point yang menjadi fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng tahun 2023 ialah produktivitas. Untuk mewujudkannya, Pemprov Sulteng memiliki 6 proposal prioritas pembangunan.

Diantaranya, program Digitalisasi Desa, Smart Village di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi dan pengembangan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) seluas 1.123,56 hektar di Kabupaten Donggala.

Cudy menjelaskan, Pemprov Sulteng mulai menggarap potensi pertanian dengan membuka KPN yang disiapkan untuk mengantisipasi krisis pangan global. 

Selain itu, KPN juga dipersiapkan untuk memasok kebutuhan pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai wilayah baru yang akan berkembang. 

“Luas KPN ditargetkan seluas 15.000 hektar dengan komoditas utama jagung dan kedelai. Namun, untuk tahap awal, lahan yang dikerjakan baru sekitar 1.000 hektar, ” ungkapnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *