Pj Bupati Parimo Buka Pelatihan Penatausahaan dan Pengelolaan Keungan Desa

  • Bagikan
Pembukaan pelatihan Penatausahaan dan Pengelolaan Keuangan Desa, di aula Bappelitbangda Parigi Moutong. (Foto : Ist)

LOCUSNEWS, PARIMO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) menggelar pelatihan Penatausahaan dan Pengelolaan Keuangan Desa, di aula Bappelitbangda setempat, Senin (13/11/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Inspektorat daerah Parimo, diikuti oleh Kaur Keuangan dan Bendahara Desa.

Pj Bupati Parimo, Richard Arnaldo dalam sambutannya mengatakan, pengelolaan keuangan desa menjadi bagian penting dalam proses perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan pembangunan desa.

Olehnya, bendahara desa dituntut untuk memahami, terampil, serta bertanggung jawab melaksanakan pengelolaan keuangan desa mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, sampai dengan pelaporan dan pertanggungjawaban.

“Pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, bendahara desa harus memperhatikan peraturan dan undang-undang yang berlaku,” ucapnya.

Ia menegaskan, keuangan desa harus dipergunakan untuk kegiatan pemerintahan desa, pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat dengan memperhatikan kewenangan dan skala prioritas.

Menurut Richard, kegiatan pelatihan tersebut sangat penting untuk dilakukan karena sangat membantu pemerintahan desa dalam meningkatkan perkembangan desa dan meningkatkan kualitas aparatur desa.

Sehingga, melahirkan pemerintahan desa yang baik, bersih dan transparan, serta meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa.

“Dari hasil pelatihan ini dapat membantu bendahara desa dalam melakukan penatausahaan dan pengelolaan keuangan desa dengan baik serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” harapnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *