Pemkab Parigi Moutong Gelar Peringatan Hari Disabilitas Internasional 

  • Bagikan
Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Parimo, Mawardin. (Foto : Kominfo Parimo)

LOCUSNEWS, PARIMO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) menggelar Peringatan Hari Disabilitas Internasional, bertempat di Taman Hasan Bahsyuan, Kelurahan Masigi, Selasa (19/12/2023).

Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Parimo, Mawardin mengatakan, peringatan hari disabilitas internasional 2023, seyogyanya memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap penyandang disabilitas lebih utuh dan komprehensif.

Menurutnya, Kegiatan itu secara langsung mengangkat harkat dan martabat penyandang disabilitas sehingga memiliki hak yang sama di masyarakat bukan hanya aturan dan ucapan, tetapi harus diimplementasikan. 

Bagi Mawardin, peran serta kedudukan penyandang disabilitas mesti terus digaungkan, disosialisasikan, ditindaklanjuti, ditaati, dan diimplementasikan di setiap aspek kehidupan dan ditengah-tengah masyarakat.

Ia menambahkan, penyelenggaraan pendidikan di inklusif berupaya untuk mewujutkan akses setara dibidang pendidikan. Hal itu diatur dalam UUD 1945 Pasal 28 Ayat (2) yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perhatian khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

“Kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk menegaskan kepedulian dan solidaritas dalam meletakkan prinsip dasar inklusivitas. Perlu disadari dan dipahami bahwa makna hari disabilitas internasional  sebenarnya saat dimana kita secara sadar sudah memberikan dan mengakui hak-hak para penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan,” jelasnya.

Bagikan Berita :
Penulis: Abd. GafurEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *