Hadiri Peluncuran Kharisma Event Nusantara, Ini Harapan Sekda Parigi Moutong

  • Bagikan
Sekretari Daerah Parigi Moutong, Zulfinasran bersama Ketua TP - PKK, Surya Febrianti menghadiri kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2024. (Foto : Kominfo Parimo)

LOCUSNEWS, Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong (Parimo), Zulfinasran bersama Ketua TP – PKK, Surya Febrianti menghadiri kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2024, berlangsung di Gedung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

Kegiatan KEN dimeriahkan dengan 110 event dari berbagai daerah dalam bentuk pertunjukan seni dan budaya, serta pameran produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong (Parimo) Zulfinasran mengatakan, keikutsertaan dalam acara peluncuran KEN untuk mempromosikan potensi pariwasata agar makin dikenal di seluruh penjuru Indonesia hingga mancanegara.

“Jadi kedatangan kami di sini berdasarkan undangan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Tujuannya, agar bisa memperkenalkan pariwisata di Indonesia, harapan ke depan banyak wisatawan berkunjung ke Parimo,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, terdapat sejumlah destinasi wisata menarik di Parimo, di antara yang ada di Marantale. Kata dia, objek wisata perairan yang terletak 26 kilometer di bagian utara itu, belakangan sedang viral karena keunikan bangunan Cottages-nya.

Sementara itu Ketua TP – PKK Kabupaten Parimo, Surya Febrianti mengatakan, KEN merupakan sebuah program dari Kemenparekraf untuk menghidupkan ekonomi dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan daerah yang berkualitas. 

Parimo sendiri menampilkan Tomini  Fashion Carnaval (TFC) yang merupakan pakaian khas Daerah Parimo menggunakan busana adat, dirancang sesuai kekayaan budaya dan potensi daerah, eksis sejak 2014.

“TFC sendiri terdiri dari lima orang dengan busana yang berbeda-beda dan corak yang beragam, masing-masing busana dengan dominasi warna kuning, biru, merah, hijau, dan hijau merah. TFC ini telah malang melintang dalam sejumlah event daerah, nasional, maupun internasional antara lain Makassar World Culture, menyabet juara 1 pada Parade Nasional, juara 2 pada Malang Flower Carnival, dua kali mengikuti festival Karawo Provinsi Gorontalo, dan event nasional bahkan pernah mengikuti ajang Hermitage Garden di Moskow Rusia pada 2017,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, selain penampilan TFC Performance Tarian Mogutu Gula Tapo turut memeriahkan pelaksanaan KEN Festival 2024.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *