Tangkal Berita Hoax, DKIPS Sulawesi Tengah Gelar Sosialisasi Literasi Digital

  • Bagikan
DKIPS Provinsi Sulteng menggelar Sosialisasi Literasi Digital disejumlah sekolah di Kota Palu, Jumat (1/3/2023). Kali sasaran kegiatan tersebut SMK Negeri 1 Palu dan SMA Negeri 2 Palu. (Foto : Humas Pemprov Sulteng)

LOCUSNEWS, PALU – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar

Sosialisasi Literasi Digital disejumlah sekolah di Kota Palu, Jumat (1/3/2023). Kali sasaran kegiatan tersebut SMK Negeri 1 Palu dan SMA Negeri 2 Palu. 

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Chwarismy Shindy mengatakan, tujuan sosialiasi untuk memberikan edukasi tentang cara bermedia sosial yang cerdas, sehat dan aman. 

“Literasi digital adalah ilmu pengetahuan dan  kecakapan kita menggunakan dan memanfaatkan media digital,” jelas Chwarizmy. 

Kata dia, menurut data statistik, pengguna media sosial Indonesia tahun 2023, dengan jumlah populasi 277,7 juta jiwa. Selain itu, pengguna internet melalui handphone 370 juta jiwa, pengguna internet 204 juta jiwa serta pengguna media sosial 191 juta. 

Chwarizmy menerangkan, Hoax merupakan informasi, kabar, berita yang tidak benar (bohong). Adapun cara mengenali hoax, yakni lihat judulnya, baca dengan teliti sampai selesai, lalu periksa keaslian berita, cermati keaslian foto dan video, cek sumber beritanya serta jangan sembarangan menyebarkan berita atau saring sebelum sharing.

“Sebagai generasi muda harus dapat mengenali berita hoax dan dapat membuat konten-konten edukasi yang positif kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut para siswa dan siswi dapat memahami dan menggunakan media sosialnya pada hal-hal yang positif dan menjadi agen perubahan.

Bagikan Berita :
Penulis: WardyEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *