Presiden Ingatkan Pemerintah Daerah Berikan Rasa Aman ke Pelaku Usaha

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan pada peresmian produksi perdana pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) nikel milik PT GNI. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

LOCUSNEWS,SULTENG – Presiden Joko Widodo meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar memberikan rasa aman kepada para pelaku investasi dalam mengembangkan perusahaan.

Penegasan itu, disampaikan Presiden Joko Widodo saat meresmikan produksi perdana pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) nikel milik PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) yang berlokasi di Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah.

Acara peresmian tersebut dilakukan di Kawasan Virtue Dragon Nikel Industri Park di Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra, Senin, 27 Desember 2021.

“Kepada Gubernur dan Bupati, berikan rasa aman kepada para investor di perusahaan ini untuk menjalankan aktifitas usaha ini. Sehingga bisa meningkatkan nilai investasi dimasa akan datang,” kata Jokowi.

Jokowi berharap, kehadiran smelter tersebut bisa berdampak signifikan demi kebangkitan ekonomi masyarakat lokal dimana perusahaan itu berdiri.

“Kita ingin semua rakyat bisa bekerja. Tidak hanya melihat bahan mentah yang diekspor ke negara lain, tapi memberikan nilai tambah lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya,” paparnya.

Sementara itu, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan kehadiran industri yang menaungi PT Gunbuster Nickel Industri akan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian, baik untuk Sulawesi Tengah maupun Sulawesi Tenggara.

“Dengan adanya industri smelter ini, Sulawesi Tengah pertumbuhan ekonominya 10%. Dan Sulawesi Tenggara 3,7%, namun (jumlah 3,7%) ini lebih tinggi dari (rata-rata) nasional,” ujarnya.

Ia mengungkapkan hilirisasi ini bisa memberikan daya saing dan menghasilkan sumber daya alam, serta industri ini juga bisa mendorong untuk menjaga lingkungan.

Di lokasi pabrik PT. GNI di Bunta para pimpinan GNI dan undangan yang hadir mengikuti acara peresmian melalui layar lebar. Saat itu juga ditampilkan tarian lense dan metingke.

Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi, dan sejumlah pejabat lainnya.

Ryo

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *