Kadinkes Parimo Sebut Posyandu Mendekatkan Upaya Promotif dan Preventif

  • Bagikan
Kadinkes Parimo, Elen Nelwan saat membuka kegiatan penguatan percepatan, pembentukan dan pengaktifan Pokjanul. (Foto : Istimewa)

LOCUSNEWS,SULTENG – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Parigi Moutong, Elen Nelwan, mengatakan keberadaan Posyandu upaya mendekatkan promotif dan preventif kepada masyarakat, khsusnya bagi peningkatan gizi serta kesehatan ibu dan anak.

“Posyandu mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat,” terang Elen saat membuka kegiatan penguatan percepatan, pembentukan dan pengaktifan Pokjanul.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah berkerjasama dengan Dinkes Parigi Moutong itu, berlangsung di salah satu hotel di Parigi, Kamis, 12 Mei 2022.

Elen mengatakan, peran dan dukungan Pemerintah kepada Posyandu melalui Puskesmas sangat penting untuk memfasilitasi pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan.

Namun, menurutnya, perlu dikuatkan dengan adanya keterlibatan lintas sektor sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 54 tahun 2007 tentang Pedoman Pemebentukan Kelompok Kerja Operasional Pembina Posyandu, dan Permendagri nomor 19 tahun 2011 tentang Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar Posyandu.

Ia berharap, kegiatan Posyandu yang sudah dilakukan secara maksimal akan lebih baik lagi bila kembali seperti dahulu semisal, ada pertemuan nyata, rutin dan terukur dengan baik serta melibatkan semua unsur.

Kesempatan itu, ia mengapresiasi dan mengucapakan terima kasih kepada Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah yang mempercayakan Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat kegiatan.

Sebab, diakuinya kegiatan tersebut sangat penting dilakukan, mengingat hampir 3 tahun dituntut harus bisa hidup bersama Covid-19.

Abd. Gafur

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *