Dishub Parigi Moutong Akan Fokus Tingkatkan PAD Melalui pengurusan KIR

  • Bagikan
Kasubag perencanaan program dan kepegawaian, Dishub Parimo, Madina. (Foto : IST)

LOCUSNEWS, PARIMO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng) berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan memaksimalkan pengurusan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR).

“Dishub Parimo sangat antusias terhadap program itu, karena PAD sangat besar diperoleh dari pengurusan buku KIR,” ujar Kasubag perencanaan program dan kepegawaian, Madina, Rabu 27 Juli 2022.

Ia mengatakan, saat ini Dishub Parimo sudah memiliki alat uji kendaraan bermotor namum masih kurang. Sehingga lanjut dia, pada 2022 kembali diadakan termasuk pengadaan gardu.

“Tahun ini kita mengadakan alat uji kendaraan bermotor. Kalau untuk tahun kemarin memang sudah ada, tapi masih kurang,” urainya.

Ia menjelaskan, alat uji kendaraan bermotor yang diadakan tahun 2021 anggarannya sekitar Rp 130 juta. Selain itu juga uji kalibrasi, alat mencetak kartu buku KIR.

Diakuinya, pada 2022 dalam merealisasikan program pengurusan KIR terdapat kendala yang dihadapi diantaranya belum memiliki gardu sendiri

“Gardu itukan sangat diperlukan untuk uji kendaraan bermotor. Kita harus punya gardu sendiri, karena kalau berharap gardu PLN yang ada tidak mampu, harus gardu sendiri,” tekannya.

Menurut dia, pengadaan gardu belum terealisasi karena keterbatasan anggaran sehingga masih menunggu penambahan Anggaran Belanja Tambahan (ABT) jika disetujui.

“Kemungkinan itu di bulan Septembar. Mudah mudahan disetujui. Kemarin kita anggarkan hanya Rp 100 juta, ternyata harus Rp 130 juta, karena saat di survei daya yang kita usulkan 40 ribu ternyata 54 ribu daya, itupun harus menambah anggaran Rp 30 juta. Itu harus menunggu di ABT. Dan untuk alat ujinya kami harus menunggu pengadaan gardu dulu,” ucap Madina.

Abd. Gafur

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *