Ditunjuk Jadi Alternatif Tuan Rumah HPS 2022,
Kadis TPHP : Persiapan Sigi Masih Nol

  • Bagikan
Kepala Dinas Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sigi, Rahmat Ikbal. (Foto : Tim Prokopim Setda)

LOCUSNEWS, PALU – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sigi, Rahmat Ikbal, menyebut Pemerintah Daerah (Pemda) Sigi, hingga kini belum melakukan persiapan apapun terkait Hari Pangan Sedunia (HPS).

Perihal itu ia sampaikan merespon penunjukan Kabupaten Sigi menjadi salah satu alternatif tuan rumah penyelenggara HPS tingkat Nasional ke-42 tahun 2022.

“Kalau Sigi dijadikan alternatif, kami benar-benar masih dalam posisi nol, belum ada apa-apa yang kami siapkan,” terang Rahmat, saat rapat persiapan HPS di gedung Polibu, Kantor Gubernur Sulteng, Kamis.

Kata dia, terbalik dengan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) yang tampaknya sangat siap jika mendengar paparan Sekretaris Daerah (Sekda), Zulfinasran Achmad.

“Kalau mendengar paparan dari Pak Sekda Kabupaten Parimo saat ini sangat detail, sangat jelas,” katanya.

Rahmat menjelaskan, telah berkoordinasi dengan bupati terkait dipilihnya Kabupaten Sigi menjadi salah satu opsi tuan rumah penyelenggara HPS 2022.

Ia katakan, pada prinsipnya bupati Sigi tidak menolak, namun Pemda Sigi hingga saat ini belum melakukan persiapan apapun terkait HPS.

“Beliau tidak menolak, tetapi hal-hal yang terkait dengan HPS ini kita sampaikan kondisi di Kabupaten Sigi seperti apa adanya, dimana kami belum menyiapkan anggaran. Dari saspek teknis juga kami belum mempersiapkan apa-apa terkait dengan itu,” terangnya.

Ia menjelaskan, bahwa Pemda Sigi tidak pernah mengusulkan menjadi tuan rumah HPS. Bahkan, belum menerima satu surat resmi dari pusat maupun provinsi terkait penunjukan Kabupaten Sigi sebagai tuan rumah HPS 2022.

“Terkait informasi ini, belum ada sedikitpun satu lembar surat yang bisa dijadikan sebagai pegangan oleh Pemda Sigi untuk melakukan sesuatu,” ungkapnya.

Menurutnya pasca pelaksanaan iven tersebut di Kendari Sulawesi Tenggara pada tahun 2019 yang lalu, Pemda Parimo telah lebih dulu mengusulkan dan menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah.

Untuk diketahui, Sebelumnya Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan menetapkan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah HPS 2022, dengan menunjuk tiga kabupaten sebagai calon lokasi acara puncak, yakni Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong.

Pada audiensi bersama Ditjen Perkebunan Kementan pada 1 Agustus 2022, menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya merekomendasikan Kabupaten Parigi Moutong sebagai daerah yang paling siap menjadi tuan rumah HPS 2022.

Aditya

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *