KI Sulteng Kirim Tiga Calon Desa Informatif Ke KI Pusat

  • Bagikan
Komisioner KI Sulteng, dipimpin Jefit Sumampouw, telah turun langsung melakukan observasi sekaligus pendampingan di Desa Kasimbar Selatan beberapa hari lalu. (Foto : Dok KI Sulteng).

LOCUSNEWS, PALU – Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengajukan tiga calon desa informatif ke KI Pusat. Ketiganya yakni, Desa Malino, Kecamatan Batudaka, kabupaten Tojo Una-una, Desa Kasimbar Selatan, Kecamatan Kasimbar, kabupaten Parigi Moutung dan Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, kabupaten Sigi.

Ketua KI Sulteng, Abbas Rahim mengatakan, pengusulan tiga desa tersebut atas rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulteng. Selanjutnya akan bersaing dengan ribuan desa di seluruh Indonesia untuk  memperebutkan kategori desa informatif Republik Indonesia tahun 2022.

“Desa yang kami nominasikan ini tidak kalah informatif dengan desa-desa yang diajukan oleh oleh 33 Provinsi lainnya di Indonesia. Setidaknya telah memenuhi syarat sebagai desa yang  telah memperaktekkan dan menjalankan keterbukaan informasi publik sesuai UU nomor 14 tahun  2008, diantaranya telah menyiapkan pelayanan publik, baik langsung maupun tidak langsung, berupa meja informasi, papan informasi, formulir permohonan informasi dan  ketersediaan website desa,” kata Abbas pada media ini, Kamis, 3 November 2022.

Ia menerangkan, khusus ketersedian website desa menjadi sangat penting agar bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Sehingga lanjut dia, semua komponen masyarakat dan pemerintah bahkan dunia usaha bisa mengakses dengan mudah profil desa, pembangunan desa, sumber daya desa.

Menurutnya, Komisioner KI Sulteng, dipimpin Jefit Sumampouw, telah turun langsung melakukan observasi sekaligus pendampingan di Desa Kasimbar Selatan beberapa hari lalu.

“Mereka telah memberikan petunjuk dan motivasi pada pemerintah desa setempat untuk segera berbenah mempersiapkan diri,” tutupnya.

Ridwan Laki

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *