Wabup Apresiasi FGD Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

  • Bagikan
Wabup Parimo, H Badrun Nggai memberikan sambutan pembukaan FGD di ruang rapat lantai II kantor Bupati Parimo. (Foto : Dok Prokopim Setda)

LOCUSNEWS, PARIMO – Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai mengapresiasi pelaksanaan Fokus grup discussion ( FGD) penyusunan dokumen arsitektur dan Peta rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kegiatan tersebut dilaksanakan Universitas Tadulako bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Parigi Moutong.

“Penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE ini merupakan salah satu amanat peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), peraturan tersebut merupakan platform kebijakan digitalisasi pemerintahan untuk keterbukaan langka dalam pembangunan di instansi pemerintah”, ucap Badrun, saat memberikan sambutan pembukaan FGD bertempat diruang rapat lantai dua kantor bupati setempat, Senin, 5 Desember 2022.

Badrun mengatakan, dalam menindaklajuti surat edaran Pemerintah Pusat tersebut, saat ini berbagai aplikasi yang dimiliki serta dikelola oleh Instansi Pusat maupun Pemda dalam mendukung pelaksanaan layanan digital.

Namun, lanjut dia, pembangunan dan pengembangan aplikasi tersebut cenderung bersifat sektoral serta belum terintegrasi dan hampir disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat aplikasi sendiri, tetapi tidak terintegrasi.

“Saatnya kita mengintegrasikan layanan digital guna meningkatkan kualitas layanan administrasi pemerintahan dan layanan public,” tuturnya.

Sebab menurut dia, pembangunan dan pengembangan aplikasi yang bersifat sektoral yang belum terintegrasi juga berimplikasi dalam peningkatan resiko operasional, keamanan informasi serta membebani keuangan Negara.

“Oleh karena itu, FGD ini sangat penting dilaksanakan untuk menentukan layanan berbasis elektronik dilingkungan pemerintah Parimo kedepan”, tandasnya.

Abd. Gafur

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *