Mengenal Program Konseling On The Spot Polda Sulawesi Tengah

  • Bagikan
Kasubbid Penmas, Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari. (Foto : IST)

LOCUSNEWS, PALU – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) mempunyai program yang diberi nama “Konseling On The Spot”.

“Program ini merupakan layanan psikologi yang dilaksanakan oleh Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulteng,” terang Kabidhumas Polda Sulteng, melalui Kasubbid Penmas Kompol Sugeng Lestari dalam keterangan pers di Polda Sulteng, Kamis, 5 Januari 2023

Sugeng menjelaskan, penanggung jawab program tersebut adalah Karo SDM Polda Sulteng, Kombes Pol Yudi Kurniawan, dan selaku Ketua tim pelaksana Kompol Akhmad Kunaefi, selaku Ps. Kabag Pskilogi Biro SDM Polda Sulteng.

Manurut Sugeng, tujuan program Konseling On The Spot adalah memberikan pelayanan psikologis kepada personel Polri, Keluarga personel Polri dan masyarakat secara proaktif.

“Pelayanan program ini meliputi konseling psikologis, pendampingan psikologis, pendampingan psikososial, home visit, pengajaran dan edukasi,” urainya.

Kata Sugeng, Program ini sudah beberapa bulan lalu berjalan, saat adanya pandemi Covid-19. Saat itu, tim pelaksana melakukan pendampingan kepada anak-anak yang akan menerima vaksin, lansia saat akan divaksin.

Lanjut dia, pendampingan psikologis anggota Polri atau keluarga yang tertimpa musibah, pendampingan psikologis keluarga korban penembakan, pendampingan terhadap personil yang terlibat operasi madago raya, pendampingan terhadap anggota Polri yang mengalami depresi dan masih banyak kegiatan lainnya.

“Untuk diketahui konseling atau yang biasa disebut penyuluhan merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan seorang ahli atau biasanya disebut sebagai pembimbing atau konselor kepada individu yang mengalami suatu masalah, atau yang biasa disebut konselinh yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseling,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *