Matangkan Operasi Keselamatan Tinombala, Polda Gelar Latpraops

  • Bagikan
Pembukaan Latihan Pra Operasi (Latpraops) keselamatan Tinombala 2023, bertempat di aula Rupatama Polda setempat, Rabu, 1 Februari 2023. (Foto : Humas Polda)

LOCUSNEWS, PALU – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah gelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) keselamatan Tinombala 2023, bertempat di aula Rupatama Polda setempat, Rabu, 1 Februari 2023.

Mengusung tema Cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah, Kegiatan itu dibuka secara resmi Wakapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Brigjen Polisi Hery Santoso.

Hery Santoso, membacakan sambutan Polda Sulteng menjelaskan, pelatihan Latpraops merupakan salah satu proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam setiap operasi.

Hal itu, untuk menyamakan pola pikir, cara bertindak, serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan dari seluruh personel yang terlibat dalam operasi.

Selain itu, Latpraops dimaksudkan agar dalam penugasan dilapangan nanti, para personel benar-benar mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

“Tujuan dari pelaksanaan operasi keselamatan, adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Sulteng,” pesannya.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Polisi Didik Supranoto mengungkapkan, operasi keselamatan Tinombala 2023, akan digelar ke seluruh jajaran selama 14 hari terhitung mulai tanggal 7 sampai 20 Februari 2023.

Didik menyebut, dalam pelaksanaannya Kepolisian akan lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif, memberikan teguran secara humanis dan penegakkan hukum mengedepankan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Tekait pelatihan Latpraops, Didik berujar akan digelar selama tiga hari untuk mematangkan pelaksanaan operasi keselamatan Tinombala 2023.

“Hari ini (hari pertama) pemberian materi teori oleh narasumber yang ahli dibidangnya, hari kedua dilanjutkan praktek lapangan dan hari ketiga evaluasi kegiatan Latpraops sekaligus penutupan,” urainya.

Ia mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan berlalulintas terlebih dijalur yang terpantau ETLE. Sebab, partisipasi pengendara kendaraan dalam disiplin berlalulintas akan mendukung suksesnya pelaksanaan operasi keselamatan Tinombala 2023.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *