Sekda Parimo Harap Dokumen RKPD Semakin Komprehensif dan Berkualitas

  • Bagikan
Sekda Parimo, Zulfinasran membuka kegiatan forum lintas perangkat daerah, penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024. (Foto : Dok. Kominfo Parimo)

LOCUSNEWS, PARIMO – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Parigi Moutong (Parimo), gelar kegiatan forum lintas perangkat daerah, penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Acara dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Parimo, Zulfinasran, berlangsung di aula kantor Bappelitbangda setempat, Rabu (8/3/2023).

Zulfinasran berharap penyusunan dokumen RKPD semakin komprehensif dan berkualitas. Untuk mewujudkan itu, diharapkan sumbangsih saran, masukan dari segenap pemangku kepentingan.

“Saya mengpresiasi dan berterima kasih kepada Bappelitbangda Parimo yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Menurutnya penyusunan dokumen RKPD untuk menyelaraskan usulan kegiatan pembangunan dengan arah kebijakan pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten tahun 2024.

Serta mensingkronkan usulan kegiatan pembangunan dari hasil Musrenbang Kecamatan, dan pokok-pokok pikiran DPRD dengan rancangan rencana kerja perangkat daerah.

Hal itu kata Zulfinasran, sesuai amanat Undang-Undang (UU) nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. Selain itu, Peraturan Menteri dalam Negeri (Mendagri) nomor 86 tahun 2017.

“Dimana salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD kabupaten adalah menyelenggarakan forum lintas perangkat daerah, untuk penyusunan RKPD,” ujarnya.

Lanjut dia, forum lintas perangkat daerah ini merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang di mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi serta tingkat nasional.

“Ini merupakan penajaman dari hasil Musrenbang Kecamatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 13-17 Februari 2023 yang lalu,” urainya.

“Selain itu forum lintas perangkat daerah dimaksudkan sebagai sarana komunikasi interaktif dan dialog membangun antara seluruh pemangku kepentingan pembangunan di daerah ini,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *