DKIPS Sulteng Laksanakan Bimtek Layanan Pengumpulan Data Berbasis Elektronik

  • Bagikan
Peserta Bimtek sistem layanan pengumpulan dan pengolahan data sektoral berbasis eletronik yang dilaksanakan DKIPS Sulteng. (Foto : Humas Pemprov Sulteng)

LOCUSNEWS, PALU – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) sistem layanan pengumpulan dan pengolahan data sektoral berbasis eletronik.

Bimtek diperuntukan bagi petugas pengumpul dan pengolah data pada produsen data tingkat daerah, berlangsung di Palu Golden Hotel, Kamis (11/5/2023).

Ketua Panitia Henri Kusmangiri menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini berfokus pada peningkatan skill dan kemampuan para pengelola data dan operator pengelolaan data yang berada di lingkup Provinsi Sulteng.

“Tujuan pelaksanaan dari Kegiatan ini yaitu meningkatkan kemampuan peserta dalam pengelolaan statistik sektoral lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng.” terang Henri.

Sekertaris DKIPS Provinsi Sulteng, Aswin Saudo menyampaikan pelaksanaan statistik sektoral ini memerlukan perhatian dari pihak-pihak yang terlibat untuk mewujudkan satu data indonesia di tingkat provinsi.

“Dibutuhkan peran pembina, wali data, wali data pendukung dan produsen data tingkat provinsi untuk melaksanakan penyelenggaraan data statistik sektoral sesuai standar data serta memenuhi kaidah interoperabilitas untuk mewujudkan satu data indonesia di tingkat provinsi,” kata Aswin.

Kerena itu, ia berharap agar kegiatan tersebut dapat membantu peserta meningkatkan kemampuan dan kualitas mereka dalam melakukan pengumpulan dan pengolahan data.

“Harapannya pertemuan ini dapat meningkatkan kualitas perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah karena didukung dengan ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat sesuai prinsip satu data indonesia,” ucapnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *