Bertindak Sebagai Irup, Zulfinasran Ingatkan Tentang Nilai-Nilai Pancasila

  • Bagikan
Sekda Parimo, Zulfinasran bertindak sebagai Irup pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati setempat, Kamis (1/6/2023). (Foto : Bag Prokopim Setda)

LOCUSNEWS, PARIMO – Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong (Parimo) Zulfinasran mengingatkan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar Negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan segala sumber hukum Negara.

Selain itu, Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara yang menjadi meja statis untuk menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai ‘Bintang Penuntun’ (Leitstar).

“Nilai luhur Pancasila harus dijadikan secara nyata dalam kehidupan kita. Juga harus optimis dapat menjadi bangsa yang kuat dan mandiri,” ucap Zulfinasran saat membacakan amanat Presiden Jokowi saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Parimo, Kamis (1/6/2023).

Zulfinasran menuturkan, Pancasila menjadi Konsensus Nasional sehinggah sudah selayaknya bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila. Sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis, maupun kultural.

“Juga harus optimis dapat menjadi bangsa yang kuat dan mandiri,” ucap Zulfinasran.

Dalam kesampatan itu, Zulfinasran juga membeberkan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada diatas ambang batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat agar bergotong royong dalam menurunkan angka stunting di Indonesia. Ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan Pengaktualisasian nilai luhur Pancasila,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
Penulis: Abd. Gafur
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *