Bupati Gandeng Profesor Yohanes Surya Untuk Perkenalkan Metode Gasing di Parimo

  • Bagikan
Profesor di Bidang Matematika dan Fisika, Yohanes Surya tiba di Pantai Lolaro, Tinombo, Parigi Moutong. (Foto : Diskominfo Parimo)

LOCUSNEWS, PARIMO – Profesor di Bidang Matematika dan Fisika, Yohanes Surya bersama tim tiba di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ia bersama tim diundang Bupati Parimo, H Samsurizal Tombolotutu untuk memperkenalkan model belajar berhitung dengan metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) untuk guru dan siswa di daerah itu.

“Gasing adalah suatu metode pembelajaran langkah demi langkah yang membuat anak menguasai materi secara gampang, asyik, dan menyenangkan,” kata Yohanes di Pantai Lolaro Tinombo, Parimo, Minggu (24/9/2023).

Yohanes mengatakan, belajar dengan metode Gasing kepada anak anak penting dilakukan, karena prosesnya disusun sedemikian rupa, langkah demi langkah dilakukan sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya.

“Pentingnya proses langkah demi langkah dalam metode Gasing tercermin sewaktu anak anak belajar suatu topik, ada titik kritis yang harus mereka lewati. Setelah mencapai titik kritis ini mereka tidak akan sulit lagi mengerjakan soal dalam topik tersebut,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam pembelajaran metode Gasing anak anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan.

Menurut Yohanes, salah satu ciri khas lain dari metode belajar Gasing, anak anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat.

Bagikan Berita :
Penulis: RislanEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *