Pemkab Parimo Gelar Penganugerahan Lomba Inovasi Produk Daerah

  • Bagikan
Pemkab Parimo menggelar Penganugerahan Pemenang Lomba Inovasi Produk Daerah dan Lomba Inovasi Teknologi Masyarakat. (Foto : Ist)

LOCUSNEWS, PARIMO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) menggelar Penganugerahan Pemenang Lomba Inovasi Produk Daerah dan Lomba Inovasi Teknologi Masyarakat, bertempat di Aula Bappelitbangda,  Kamis (14/12/2023).

Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Kabupaten Parimo, Mawardi mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya menyiapkan diri dalam menghadapi era globalisasi. Sehingga, Kabupaten Parimo ikut mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat untuk pengembangan produk berbasis teknologi.

Menurutnya, dalam lomba produk daerah dan inovasi teknologi tersebut, menampung inovasi dari berbagai bidang meliputi agribisnis dan pangan, kelautan dan perikanan, kesehatan obat-obatan, pendidikan rekayasa teknologi, manufaktur, kerajinan dan industri rumah tangga serta sosial.

“Lomba produk daerah dan inovasi teknologi ini tidak hanya menjaring inovasi-inovasi berbasis masyarakat, namun juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas hasil karya masyarakat Kabupaten Parimo,” ucap Mawardin.

Ia menyarankan, hasil kreasi harus dilanjutkan dengan pengurusan kekayaan intelektual bagi para pemenang lomba. Selain itu dilanjutkan pula dengan pengurusan hak paten, hak cipta, merek dagang.

Mawardin menginformasikan, saat ini Kabupaten Parimo telah memiliki 4 inovasi aplikasi pelayanan publik yang telah diterbitkan hak cipta, dan 2 produk daerah yang telah diterbitkan merek dagang yang difasilitasi Bappelitbangda bersama Kemenhumham Sulawesi Tengah.

Bagikan Berita :
Penulis: Abd. GafurEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *