Pj Bupati Parimo Imbau Pelaku Usaha dan Petani Daftarkan Jenis Varian Durian

  • Bagikan
Pj Bupati Parimo, Richard Arnaldo Kunker ke Kecamatan Torue dalam rangka memantau pelaksanaan kegiatan Penilaian Aksi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kecamatan. (Foto : Kominfo Parimo)

LOCUSNEWS, PARIMO – Pj Bupati Parigi Moutong (Parimo), Richard Arnaldo mengingatkan pelaku usaha dan petani durian agar mengajukan permohonan pendaftaran jenis varian durian lokal disertai namanya.

Hal tersebut disampaikan Richard Arnaldo kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Torue dalam rangka memantau pelaksanaan kegiatan Penilaian Aksi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kecamatan.

“Pengajuan nama varian durian ini guna diusulkan untuk mendapatkan sertifikat tanda daftar durian dari Kementerian Pertanian RI,” kata Richard, Sabtu (3/2/2024).

Richard mengatakan, pengajuan nama varian durian itu dilakukan agar Pemerintah Daerah dapat mengambil posisi untuk menentukan komoditi unggulan di daerahnya, kemudian dilakukan scale-up nilai ekonominya agar bisa ekspor ke mancanegara.

Lebih lanjut, kepada para pelaku pengekspor durian itu, Pj Bupati menyampaikan perihal penumpukan limbah kulit durian yang menurutnya perlu pengelolaan yang baik.

“Ini tempat kedua yang saya kunjungi, perlu adanya pengelolaan limbah durian yang menumpuk misalnya dapat dijadikan biobriket yang bermanfaat sekaligus dapat mengatasi pencemaran lingkungan akibat keberadaan kulit durian yang melimpah, atau dijadikan pupuk dan sebagainya,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
Penulis: Abd. GafurEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *