Gubernur Sulawesi Tengah Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Raya 

  • Bagikan
Peletakan batu pertama Pembangunan Mesjid Raya, di eks Mesjid Agung Darussalam, Kecamatan Palu Barat, Jumat, (9/2/2024). (Foto : Ist)

LOCUSNEWS, PALU – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura alias Cudy menghadiri peletakan batu pertama Pembangunan Mesjid Raya, di eks Mesjid Agung Darussalam, Kecamatan Palu Barat, Jumat, (9/2/2024).

Mengawali sambutanya, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi para stakeholder, mitra kerja terkait, serta semua pihak yang turut mendukung, baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan Mesjid Raya Provinsi Sulawesi Tengah. 

“Mesjid tidak hanya sekedar tempat ibadah, melainkan juga menjadi pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, dan sosial bagi umat islam dan masyarakat luas,” ucapnya.

Cudy menjelaskan, pemerintah Provinsi Sulteng telah mengubah status Mesjid Agung menjadi Mesjid Raya sesuai Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/802 Tahun 2014 tentang Standar Pembinaan Manajemen Mesjid.

Kata Cudy, gempa bumi yang disusul dengan tsunami dan likuifaksi pada 28 September 2018 di Sulteng,  khususnya di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala (Pasigala) telah berdampak destruktif, baik kepada infrastruktur fisik maupun nonfisik.

“Salah satu yang ikut terpapar adalah mesjid raya provinsi sulawesi tengah yang dahulunya bernama masjid agung darussalam, juga mengalami rusak berat,” ujarnya.

Untuk itu, Cudy berharap, keberadaan masjid raya ini dapat menjadi simbol persatuan dan kebersamaan umat islam serta menjadi ikon religiusitas masyarakat Sulawesi Tengah. 

“Semoga partisipasi kita semua dapat menjadi amal jariyah yang diridhoi Allah SWT,” tandasnya.

Bagikan Berita :
Penulis: WardyEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *