Gubernur Sulteng Nyatakan Dukungan untuk Road To Selat Makassar Summit 2024

  • Bagikan
Gunernur Sulteng, Rusdy Mastura menyampaikan sambutan pada pembukaan Road To Selat Makassar Summit 2024. (Foto : Humas Pemprov Sulteng)

LOCUSNEWS, PALU – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura atau Cudy menyatakan dukungannya untuk Road To Selat Makassar Summit 2024. Cudy tegaskan, dukungan itu sebagai upaya membangun kerjasama strategis dalam pengelolaan Selat Makassar.

Hal tersebut disampaikan Cudy pada pembukaan Road To Selat Makassar Summit 2024, bertempat di Hotel Santika Palu, Senin (4/3/2024).

“Upaya membangun kerjasama strategis dalam pengelolaan Selat Makassar dengan membentuk sebuah Forum Pemerintahan baik  Provinsi dan Kabupaten/Kota se-kawasan Selat Makassar,” terang Cudy

Menurutnya, Selat Makassar menyimpan banyak potensi sains dan energi melimpah, baik energi fosil, seperti minyak bumi dan gas alam.  Demikian pula, energi baru terbarukan seperti, energi panas laut yang bisa dikembangkan menjadi pembangkit listrik ramah lingkungan. 

“Saya berharap pemerintah daerah di sepanjang kawasan ini, agar dapat bekerjasama dalam mengoptimalkan potensi dan peluang selat makassar untuk meraih kemajuan kesejahteraan bersama,” ungkapnya.

Cudy menambahkan, selat makassar adalah wilayah maritim strategis dengan aneka potensi yang tak terbatas yang menghubungkan jalur perdagangan internasional dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dua yang dilayari sebanyak 36.000 kapal per tahun.

Bagikan Berita :
Penulis: WardyEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *