Sekdaprov Melepas Secara Resmi Tim Safari Ramadhan Pemprov Sulawesi Tengah

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenga, Novalina menghadiri sekaligus melepas secara resmi Tim Safari Ramadhan. (Foto : Humas Pemprov Sulteng)

LOCUSNEWS, PALU – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Novalina menghadiri sekaligus melepas secara resmi Tim Safari Ramadhan sekaligus dirangkaikan dengan buka puasa bersama,  bertempat di Mesjid Al-Muhajidin Kantor Gubernur, Sabtu (16/3/2024).

Dalam sambutannya, Novalina menyampaikan, bahwa Safari Ramadhan merupakan sarana untuk membangun kedekatan dan memelihara silaturahmi antara pemimpin, masyarakat dan ulama, serta sebagai sarana menyerap aspirasi seputar pelaksanaan pembangunan di tiap wilayah Kabupaten dan Kota.

“Saya bersyukur dan larut dalam kebahagiaan dengan kembali dilaksanakannya Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng,” ucap Novalina.

Kesempatan itu, Novalina turut menyampikan beberapa pencapaian pembangunan Sulteng pada tahun 2023, yakni penurunan kemiskinan ekstrem dari 3,02 persen pada tahun 2022 menjadi 1,44 persen pada tahun 2023, penurunan tingkat pengangguran terbuka dari 3,75 persen tahun 2022 menjadi 2,95 persen tahun 2023. Sehingga Sulteng masuk ke dalam 5 besar daerah di indonesia dengan tingkat pengangguran terbuka terendah.

Selain itu, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 tahun 2022 menjadi 71,66 tahun 2023, pertumbuhan ekonomi tertinggi 13,06 persen, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 5 persen, realisasi investasi tertinggi nomor 3 secara Nasional, yang diikuti pula dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan, dari tadinya hanya berkisar 900 miliar rupiah per tahun, mampu ditingkatkan hingga menyentuh angka 2 triliun rupiah pada tahun 2023.

“Saya harap dapat disampaikan kepada masyarakat, sebab pencapaian tersebut bisa kita raih berkat kerjasama dan dukungan semua stakeholder, utamanya masyarakat,” ujarnya.

Ia berpesan, tim Safari Ramadhan Provinsi Sulteng untuk selalu mengedepankan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah Kabupaten dan Kota. 

Ia juga berharap, hendaknya dakwah yang disampaikan para Da’i memuat motivasi dan bimbingan islami untuk mengajak umat islam mengisi puasa ramadhan dengan aneka kegiatan ibadah dan kegiatan sosial yang bermanfaat, serta dapat menyelipkan pesan-pesan pembangunan ke dalam ceramah agama singkat. 

“Insya allah, bulan ramadhan yang kita jalani menjadi ramadhan yang sukses dan mendapatkan predikat taqwa dan semoga amalan kita yang sudah kita raih tetap kita pertahankan hingga bulan-bulan berikutnya,” jalas Novalina.

Bagikan Berita :
Penulis: WardyEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *