Diskop UKM Parimo Gelar Lomba Kurasi Bagi Pelaku UMKM

  • Bagikan
Diskop UKM Kabupaten Parigi Moutong menyelenggarakan Lomba Kurasi bagi Pelaku Usaha Miro Kecil Menengah (UMKM). (Foto : Kominfo Parimo)

LOCUSNEWS, PARIMO – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menyelenggarakan Lomba Kurasi bagi Pelaku Usaha Miro Kecil Menengah (UMKM), bertempat dihalaman Kantor Dinas setempat, Selasa (21/05/2024).

Kepala Diskop UKM Parimo Sofiana Pandean mengatakan, kegiatan tersebut pertama kali dilakikan di daerah itu. Tujuannya, agar pelaku UKM atau UMKM naik kelas sehingga mampu bersaing dengan pulau jawa atau luar Sulawesi Tengah.

Kata Sofiana, dengan data UMKM berjumlah 24.951 tersebar di 23 kecamatan dan 178 desa dan kelurahan. Harapannya, pemerintah daerah melalui dinas koperasi dan UKM agar prodak yang diolah oleh pelaku usaha memperhatikan kearifan lokal di daerah setempat.

Tak hanya itu, Sofiana beharap, koprut atau rumah BUMN untuk bisa memfasilitasi, pelaku  UMKM mendapatkan hak paten menuju ke Tingkat Komponen Dalam Negri (TKDN) sertifikasi, kemudian masuk kedalam Ekatalog yang ada pada ULP untuk brend dari setiap prodak.

“Seluruh pelaku usaha yang ada di Parimo ini apakah dia bentuk industri, UKM semuanya itu  adalah UMKM. Dan tugas kami bagaimana membina pelaku usaha,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
Penulis: Abd. GafurEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *