Tombolotutu Pahlawan Nasional, Muklis : Menunggu Keputusan Politik

  • Bagikan

LOCUSNEWS, SULTENG – Salah seorang Tim Pengkajian Pengusulan Gelar Pahlawan (TP2GP) Nasional, Muklis Paeni menegaskan, penganugerahan Tombolotutu sebagai pahlawan nasional tinggal menunggu keputusan politik.

” 99,9 Persen Tombolotutu jadi Pahlawan. 1 persen lagi tinggal kebijakan Politik,” kata Muklis, di Lolaro, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Kamis 19 Agustus 2021.

Menurutnya, kelayakan administrasi, berdasarkan aturan sudah dipenuhi, tinggal diajukan ke Presiden melalui Dewan Gelar. Keputusan dari Presiden itu keputusan politik, tentu mempertimbangkan atau melihat rekomendasi dari TP2GP.

” Makanya kami lakukan verifikasi untuk mencocokan keterangan yang diajukan didalam pengusulan realitas yang ada, seperti apa atensi masyarakat. Tokoh ini diajukan seberapa besar pengaruh kolektifnya di masyarakat,” terang Muklis.

Muklis mengatakan, sebelum ia bersama Tim lainnya menuju ke Tinombo, menyempatkan diri melihat makam Tombolotutu di Kecamatan Toribulu. Selain itu pula ada situs rumah kerajaan, lapangan Raja Tombolotutu, Rumah Sakit Tombolotutu dan Patung Tombolotutu.

Saat ini lanjut dia, tinggal menunggu keputusan politik saja. Apalagi Sulawesi Tengah belum mempunyai Pahlawan Nasional.

” Diharapkan tokoh ini bisa muncul dan mengisi kekosongan selama sekian tahun tidak ada tokoh yang resmi dijadikan Pahlawan Nasional di Sulawesi Tengah,” ungkap Muklis sebagaimana dikutip dari relalese Kominfo Parimo.

***

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *