Dwi Zizi, Siswa MTS Parigi Pemenang Lomba Bercerita Bahasa Daerah

  • Bagikan
Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai menyerahkan Piala kepada Dwi Zizi pemenang lomba bahasa daerah. (Foto : dokumen TBM Sou Mpelava)

LOCUSNEWS,SULTENG – Dwi Zizi Ramadani, siswi Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Parigi menjadi pemenang lomba bercerita menggunakan bahasa daerah (Kaili).

Lomba itu dilaksanakan Taman Baca Masyarakat (TBM) Sou Mpelava dalam rangka pencanangan Kampung Literasi Pelawa, berlangsung di halaman Kantor Camat Parigi Tengah, Jumat 29 Oktober 2021.

” Senang sekali bisa mengikuti lomba bercerita bahasa daerah (Kaili rai), apalagi kisah yang saya ceritakan tentang asal muasal tanah kelahiran saya, Desa Siniu,” Kata zizi.

Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai yang melihat secara langsung penampilan Zizi, memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Taman Baca Masyarakat (TBM) Sou Mpelava karena menyelenggarakan lomba tersebut.

” Saya berharap TBM di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong, dapat menjadi sarana pembelajaran bahasa daerah,” ujar Badrun.

Ia berharap, kedepannya generasi muda tidak hanya pandai berbahasa Indonesia, namun harus fasih juga berbahasa daerah, baik Kaili maupun bahasa daerah lain yang mendiami Kabupaten Parigi Moutong.

Sementara itu, Syilva Muslimah, Ketua TBM Sou Mpelava mengatakan, di era moderenisasi saat ini banyak generasi penerus mulai lupa, bahkan meninggalkan kebudayaan.

” Menggelar lomba bercerita bahasa kaili adalah salah satu misi kami di TBM Sou Mpelava untuk memperkenalkan dan melestarikan bahasa daerah, ” ungkap Syilva.

“ Kami berharap kegiatan TBM Sou Mpelava memberikan dampak positif bagi para pemuda di Kabupaten Parigi Moutong, khususnya di Desa Pelawa,” tutupnya.

Wawa Toampo

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *